Showing posts with label Resep Sehat. Show all posts
Showing posts with label Resep Sehat. Show all posts

Easy But Tasty Sushi

UHealthyMedia.Com - Kali ini coba-coba bikin makanan khas negeri sakura, Sushi. Tapi dengan menggunakan bahan-bahan seadanya. Kalau biasanya sushi dari jepang menggunakan daging, ikan, sayuran, dan telur ikan yang masih mentah, kali ini saya mengganti semua isiannya dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapat. Dan yang pasti, Halal.
Ini dia sushi ala saya yang sangat mudah membuatnya dan enak rasanya..

Sushi Sederhana

Bahan-bahan:

    1.  Nasi
    2. 2 lembar nori
    3. 2 buah sosis (belah memanjang jadi 2)
    4. 1 buah timun (potong-potong panjang)
    5. 1 telur yang sudah didadar (potong panjang)
    6. 4 buah crab stick
    7. Mayonaise
    8. Air jeruk nipis/lemon yang diberi gula pasir (sebagai pengganti mirin)
    9. Garam

Cara Membuat:


  • Campur nasi dengan air jeruk nipis yang diberi gula pasir, aduk rata, tambahkan sedikit garam. 
  • Siapkan 1 lembar nori, tata nasi diatas nori, ratakan kira-kira setebal 1/2 cm. Usahakan nasi tidak menutupi nori seluruhnya (seperti pada gambar) agar saat menggulung, nori dapat terekat dengan baik.
  • Oles rata mayonaise diatas nasi.
  • Susun isian diatas nasi (2 buah sosis yang sudah dibelah, 2 irisan dadar telur, 2 buah crab stick, 2 potong timun)
  • Gulung sushi dengan perlahan sambil dipadatkan.
  • Sushi sederhana siap dipotong dan disajikan.

Nah, jadi deh sushi ala saya. Yang sederhana namun tetap tidak mengurangi cita rasa sushi itu sendiri..

Cumi Pedas Bumbu Serai Ala Saya

UHealthyMedia.Com - Hari ini lagi pengen banget makan seafood. Kebetulan karena saya warga pesisir pantai, jadi gak perlu repot beli jauh-jauh. Akhirnya, saya putuskan untuk beli cumi. Sebenarnya agak bingung juga sih cuminya mau dimasak apa. Lihat bahan-bahan dirumah ternyata ada serai, jadi kepikiran buat masak cumi + serai. Berawal dari coba-coba, karena untuk pertama kalinya masak cumi bumbu serai, dan ternyata enak juga. Bau amisnya gak berasa, ketutup semua sama aroma serai. Unch...
Ini dia cumi bumbu serai ala saya
Resep cumi pedas bumbu serai

Bahan-bahan

  • 500 g cumi, ukuran sedang (buang tintanya)
  • 2 batang serai (iris halus)
  • 3 iris lengkuas
  • 1 lembar daun salam
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 4 buah cabe rawit
  • 2 buah cabe hijau
  • 100 ml air
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdt garam
  • Penyedap rasa (secukupnya)
  • 2 sdm minyak sayur untuk menumis

Cara membuat

  • Iris halus semua bahan (bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe hijau) kemudian tumis sampai harum
  • Tambahkan serai dan lengkuas, aduk sebentar
  • Masukan cumi, aduk-aduk, kemudian tambahkan air dan daun salam
  • Masukan garam, gula, dan penyedap rasa. Masak hingga cumi empuk
  • Angkat, dan cumi siap disajikan
Seafood emang selalu menggugah selera.. saya suka.. saya sukaaaa 🤗

Fu Kua Tan (Tumis Pare Telur)

UHealthyMedia.Com - Ini adalah salah satu makanan favorit saya. Untuk sahabat semua yang tidak suka makan pare, bisa menyiasatinya dengan menambahkan bahan lain seperti saya. Telur bisa juga diganti dengan daging☺

Steamed Mango Mochi

UHealthyMedia.Com - Oh wait, this is a delicious mango filled mochi I have made.. 😋
Biasanya nih kalo lagi senggang pengennya nyoba-nyoba bikin sesuatu buat cemilan. Kali ini iseng bikin mochi. Yeah, this is experiment without experience. But healthy enough for you..

Resep Mochi Mangga
Pertama, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat mochi isi mangga ini adalah:

 100 g tepung ketan
 30 g tepung maizena
 50 g gula pasir atau sesuai selera
 60 g santan (saya pakai Kara)
 200 g susu cair
 2 sdm mentega (lelehkan)
 1 buah mangga (potong kotak-kotak kecil)
 Kelapa parut kering (banyak dijual di mini market terdekat)

Es Timun Serut (Miracle Juice Penetralisir Kolesterol)

UHealthyMedia.Com - Salah satu minuman khas Aceh ini selain penghilang dahaga yang menyegarkan dan mudah membuatnya, minuman berbahan dasar timun ini juga dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa sebagai penetralisir kolesterol. By the way, kolesterol bukan hanya dialami oleh seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau gemuk aja lho. Selain itu, kolesterol juga dapat menimpa kalangan tua dan muda 😓
Es timun serut penetralisir kolesterol